Media baru kini sudah memasuki masanya. Media komunikasi tradisional seperti media cetak nampaknya perlahan mulai tersingkirkan karena adanya media baru. (internet). Hal ini tentunya akan berdampak pada kebiasaan yang terbentuk dalam masyarakat hingga lama kelamaan menjadi budaya yang tertanam dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat kini sudah menjadikan internet sebagai salah satu sumber informasi yang dapat dengan cepat diakses, dan mudah dijangkau. Seperti yang sudah kita ketahui, budaya yang terbentuk di masyarakat merupakan kebiasaan yang mereka lakukan sehari-hari. Media komunikasi yang bersifat konvensional seperti media cetak kini sudah mulai tersisihkan karena adanya new media yang lebih bersifat praktis ini. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada kebudayaan masyarakat juga, dari yang tadinya rajin membeli koran, kini masyarakat hanya cukup mengakses web-nya saja dan memilih sendiri berita mana yang hendak dibacanya. Selain itu, dalam media komunikasi baru juga tidak hanya disajikan berita dan pelayanan publik secara online, tetapi ada juga forum diskusi dan pencarian informasi.
Sebelum
memasuki era media baru, masyarakat tentunya lebih suka mencari informasi
melalui media cetak seperti koran, tabloid, dll. Komunikasi yang terbentuk pun
masih amat tradisional yaitu menggunakan surat yang notabene sampai ke
tujuannya bisa berhari-hari. Namun, dengan adanya media baru, kini masyarakat
sudah amat dimudahkan dalam berkomunikasi. Budaya yang terbentuk pun melahirkan
suatu kebudayaan baru. Kini masyarakat lebih suka mencari sesuatu yang instan. Dengan adanya mesin pencarian, informasi mengenai
apapun dapat diakses dalam hitungan detik. Budaya baru yang terbentuk pun
cenderung lebih ke arah plagiat karena masyarakat dengan mudahnya hanya
mengcopy-paste bahan-bahan yang mereka dapat dari mesin pencarian tersebut.
Namun, media baru tidak hanya memberikan dampak negatif saja tetapi juga
memberikan dampak positif dalam komunikasi. Sekarang, kita tidak harus menunggu
selama berhari-hari untuk mengirimkan pesan (surat) karena sudah ada
fitur-fitur dari media baru yang menyediakan kecepatan berkomunikasi jarak jauh
hingga terasa seperti dekat. Contoh fitur media komunikasi baru yang paling
sering kita gunakan adalah facebook, twitter, SMS, skype, e-mail, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar